Diposkan pada UMM dan Fasilitasnya

Kampusku dan Kebanggaanku, Universitas Muhammadiyah Malang

images

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi A (sangat baik) pada tahun 2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih. UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur.

Visi UMM adalah Menjadikan Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa.Visi tersebut mendorong gerak maju UMM sehingga memperoleh pengakuan yang diperhitungkan baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Kuatnya kepercayaan masyarakat dan reputasi yang baik dalam mengemban misi tata kelola, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pembinaan kemahasiswaan membawa UMM meraih berbagai prestasi. Kopertis Wilayah VII Jawa Timur memberi penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) delapan tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015. Ketika menerima AKU yang ketiga dan keenam kalinya pada tahun 2010 dan 2013, UMM juga sekaligus menyandang sebagai penerima “AKU Kartika”.

Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pada sekarang ini UMM menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama, sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.

Hingga tahun 2016/2017, UMM memiliki 10 Fakultas dan Direktorat Pascasarjana, yang terdiri atas:

  1. 34 program sarjana (S1)
  2. 11 program magister (S2)
  3. 3 program doctor (S3)
  4. 5 program diploma (D3)
  5. 5 program profesi (Dokter, Ners, Akuntan, Guru, Keinsinyuran)

 

Dikutip dari sini

Tinggalkan komentar